Senin, 20 Agustus 2007

There Must Be Something More...

Spiritualitas Ignasian, sebagaimana selalu disebutkan disini, selalu ditandai dengan upaya untuk menemukan jejak cinta Tuhan di dalam hidup kita secara nyata, dan kadang bahkan dalam realitas yang sederhana sekalipun. Tantangan kita, adalah untuk bisa menyediakan waktu, hati dan juga perhatian untuk benar-benar merenungkan hidup dan relasi kita dengan Tuhan.

Daniel Gilbert dalam bukunya Stumbling on Happiness menunjukkan bahwa manusia jaman ini hidup dalam ilusi dan imaginasi akan hari esok yang menyebabkan kita kehilangan arah atas pilihan-pilihan hidup kita dan juga memberi ukuran dan patokan-patokan yang keliru dalam memahami hidup dan mencari makna kebahagiaan. Kultur "kerja keras", wabah affluenza yang ditandai keinginan konsumtif yang besar, keinginan untuk selalu dikenal, dihormati dan juga merasa aman secara finansial merupakan karakteristik orang jaman ini. Semakin larut kita masuk ke dalam arus tersebut, semakin kita menjadi tidak akrab dengan hati, emosi, perasaan dan juga alam budi kita, lebih-lebih pada soal pencarian makna hidup yang sejati. Orang tidak lagi akrab dengan nilai-nilai hidup tetapi lebih pada ambisi-ambisi hidup. Spiritualitas pun dihayati dalam perspektif "Do It Yourself". Orang semakin skeptis dengan nilai-nilai transenden dan suci, dan lebih terobsesi pada determinasi pribadi dan realitas empiris material.

Kadang kita begitu skeptis apakah Tuhan benar-benar menyertai kita, apakah Tuhan benar-benar hadir dalam realitas dan segala tantangan yang kita alami. Manusia jaman ini seringkali kurang setia dan selalu mencari tanda, tanda yang sebenarnya hanya dapat kita temukan ketika kita duduk merenung dan melihat kembali hidup kita dengan tekun, dan berdialog dengan Tuhan sendiri.

Video clip berikut ini disajikan buat anda, sekaligus sebuah ajakan untuk merenung. Dimanakah jejak langkah Tuhan kita benar-benar cari dan temukan. Isi renungan kembali pada diri anda sendiri. Selamat menikmati.


"Something More" sung by Lea Salonga - Songs for The Skeptics,
Jesuit Communications, Philippines
Video by: mhcaillesrn


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: