Rabu, 29 Agustus 2007

Inter Nos (29/08/07)

Selama hampir sebulan www.ignatiusloyola.net ini hadir di tengah-tengah anda, paling tidak sudah sudah ada 4 hal penting yang bisa digali bersama berkaitan dengan Spiritualitas Ignasian. Keempat hal tersebut adalah apa itu Spiritualitas Ignasian berikut karakteristiknya dan konteksnya di jaman ini, doa examen/pemeriksaan batin, doa meditasi dan doa kontemplasi. Keempat hal ini merupakan hal yang sangat esensial dan mendasar bila seseorang mau menyelami spiritualitas Ignasian.

Bisa dikatakan bahwa pemahaman dan latihan akan metode-metode doa dalam tradisi Ignasian adalah kunci untuk membuka pengalaman dalam Latihan Rohani Santo Ignatius. Ketika orang memahami apa itu Spiritualitas Ignasian berikut karakteristiknya, maka metode-metode doa yang sudah dipaparkan bagaikan "kata sandi" untuk masuk ke dalam pengalaman-pengalaman rohani tersebut secara lebih intens.

Perjalanan untuk mengalami Latihan Rohani tidak akan bisa dilepaskan dari keempat hal ini. Oleh sebab itu penting sekali bila metode-metode doa yang sudah dipaparkan disini anda latihkan pelan-pelan dalam hidup doa anda. Hal yang bisa secara mendasar anda lakukan adalah doa pemeriksaan batin. Jadikanlah doa ini menjadi habitus dalam hidup harian anda paling tidak 2x dalam sehari (sesudah/sebelum makan siang dan sebelum tidur). Pengalaman dalam doa pemeriksaan batin akan memberi pondasi kuat dalam hidup rohani anda.

Bila anda mau mengalami Latihan Doa Ignasian secara lebih terbimbing dan point-point yang sudah dipersiapkan, anda bisa melakukannya dengan buku "Tahan Uji - 9 Latihan Ignasian" yang diterbitkan oleh Penerbit Kanisius Yogyakarta. Tentunya buku ini hanya bisa dipergunakan bila anda siap dan bersedia berlatih berdoa kontemplasi dan meditasi. Buku ini baik untuk pemula, karena sudah disediakan point-point terbimbing secara tertulis dalam melakukan doa-doa. Bagi mereka yang kesulitan mendapat bukunya, tentunya bisa mengikuti Latihan Doa disini lewat bahan-bahan yang ditawarkan.

Selain keempat hal ini, disajikan pula profil seorang Jesuit yaitu Romo Eddy Anthony, SJ. Diharapkan ini bisa memberi perkenalan secara lebih dekat tentang hidup seorang Jesuit. Kisah Jesuit lainnya diharapkan akan segera menyusul di sini. Tentunya akan disajikan juga profil-profil karya Jesuit.

Terima kasih untuk segala saran yang dikirimkan kepada kami. Tentunya saran dan feedback dari anda selalu terus kami nantikan.

Terima Kasih.



Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: