Kamis, 10 Juli 2008

Seorang Jesuit Ditunjuk Sebagai Sekretaris Kongregasi Doktrin dan Iman yang baru

Paus Benediktus XVI mengangkat Pater Luis Ladaria, SJ menjadi Sekretaris Kongregasi Doktrin dan Iman menggantikan Uskup Agung Angelo Amato, SDB. Pater Luis Ladaria, SJ sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jendral Komisi Teologi Internasional sejak tahun 2004. Pater Ladaria adalah pengajar teologi di Universitas Gregoriana sejak tahun 1984 dan menjadi wakil rektor dari tahun 1986-1994.
Pater Ladaria masuk Serikat Jesus pada tahun 1966, setelah sebelumnya menyelesaikan kuliah dalam bidang hukum dari Universitas Madrid. Setelah menyelesaikan kuliah filsafat dan teologi di Madrid dan Frankfurt, beliau ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1973. Beliau menyelesaikan studi doktorat dalam bidang teologi di Universitas Gregoriana Roma tahun 1975. Dengan penunjukan ini, maka Pater Luis Ladaria, SJ akan diangkat pula menjadi seorang Uskup Agung.

Penunjukan seorang Jesuit pada posisi sangat penting di Vatikan lebih-lebih dalam Kongregasi Doktrin dan Iman di satu sisi bisa memperlihatkan kepercayaan Paus Benediktus XVI kepada Jesuit yang begitu besar, dan mungkin ini untuk pertama kalinya seorang Jesuit ditunjuk untuk memegang peranan sangat penting dalam Kongregasi ini.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: