Selasa, 15 Juli 2008

Indulgensi dalam World Youth Day 2008

Dalam World Youth Day (WYD) 2008, para pejiarah (peserta WYD 2008) dan mereka yang mendoakan berlangsungnya WYD 2008 ini dan berdoa untuk intensi Gereja dan Bapa Suci, akan diberikan indulgensi (masing-masing plenary indulgence dan partial indulgence,) demikian pengumuman dari pihak Vatikan.

Di sebuah milis, seseorang bertanya, kok begitu mudah indulgensi diberikan: kalau punya uang, dan hadir di WYD 2008, lantas bisa dapat indulgensi?

Berkaitan dengan indulgensi ini mungkin bisa dijelaskan secara sederhana:

1. Indulgensi penuh (plenary indulgence) diberikan kepada partisipan WYD 2008 yang hadir disana dalam semangat sebagai pejiarah. Artinya, WYD ini adalah sebuah kegiatan rohani, spiritual, berjiarah, bukan sekedar senang-senang atau plesiran. Kaum muda peserta WYD pergi ke sydney dalam konteks mau membangun iman katolik dan dalam kesepahaman dengan Gereja. Jadi, pergi ke WYD, dan punya uang, sekedar hadir disana tidak cukup untuk seseorang bisa memperoleh indulgensi ini. Spirit pejiarahan, dalam konteks menemukan Tuhan dan belajar berkomunitas serta beriman katolik menjadi pokok penting disini.

2. Indulgensi diberikan pada peserta WYD tentunya bila yang bersangkutan juga melakukan pengakuan dosa, bertobat sungguh-sungguh, merayakan ekaristi dan berdoa dengan intensi untuk Gereja dan Bapa Suci.

3. Tentunya indulgensi ini diberikan kepada kaum muda agar kaum muda semakin bisa merasakan pengalaman kasih Allah sendiri, mengalami perayaan sakramental yang menggerakkan batin dan hidupnya, yang tentunya akan membawa rahmat lebih jauh dalam hidup.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: