Minggu, 20 Juli 2008

Ekaristi Puncak WYD 2008

Bapa Suci mengajak kaum muda untuk ikut memperbaharui Gereja terutama pada dewasa ini ketika Gereja sungguh-sungguh diajak untuk memperbaharui diri, serta juga mengingatkan kaum muda akan pengaruh mentalitas gaya hidup yang membawa pada kekosongan. Demikianlah salah satu pesan Bapa Suci dalam Ekaristi Puncak WYD 2008 di pacuan kuda Randwick yang dihadiri ratusan ribu orang, para pejiarah, umat katolik dan umat non-katolik yang juga ikut menyaksikannya.

Kedatangan Bapa Suci dalam ekaristi ini cukup menarik dan sensasional. Bapa Suci sempat berputar-putar dengan "Holycopter" di atas area pacuan kuda, sebelum berpindah ke Popemobile, dan berangkat menuju ke Randwick. Bapa Suci sempat mencium 3 bayi kecil yang oleh anggota keamanan Bapa Suci digendong mendekat ke Popemobile. Pers Australia menyebutkan bahwa ini adalah mobilisasi massa dan juga ekaristi terbesar dalam sejarah Australia.

Bapa Suci mengajak kaum muda untuk tetap ingat bahwa dunia dewasa ini sangat dipengaruhi oleh mentalitas dan sistem nilai yang didominasi kesejahteraan material, yang bisa berujung pada kekeringan hidup rohani dan juga kedangkalan makna hidup sebagai manusia. Maka Bapa Suci menantang kaum muda untuk menjadi agen perubahan dan berani menentang segala bentuk cara hidup dan mentalitas yang mengarah pada kedangkalan hidup, sikap apatis dan kedangkalan hidup yang bisa meracuni relasi dengan sesama.

Berikut ini kutipan homili Bapa Suci yang bisa menjadi inspirasi kita semua:

• “Love is not greedy or self-seeking, but pure, faithful and genuinely free, open to others, respectful of their dignity, seeking their good, radiating joy and beauty”
• “Hope liberates us from the shallowness, apathy and self-absorption which deaden our souls and poison our relationships”
• “God’s gift of life is welcomed, respected and cherished – not rejected, feared as a threat and destroyed.”
Bapa Suci sungguh merasakan bahwa perjumpaan dengan kaum muda dalam WYD 2008 ini sungguh memberi kesan tersendiri bagi beliau dimana sungguh dirasakan adanya vitalitas, semangat dan hidup dalam Gereja. Dalam kesempatan di akhir ekaristi Bapa Suci juga mengumumkan bahwa World Youth Day berikutnya akan diadakan di Madrid Spanyol pada tahun 2011.



Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: