Minggu, 20 Juli 2008

Vigil World Youth Day 2008

World Youth Day 2008 sungguh merupakan moment penting bagi kaum muda katolik untuk merasakan pengalaman sebagai Gereja Universal, sekaligus pengalaman nyata sebagai satu komunitas beriman katolik. Kegembiraan yang terpancar, saling mengenal antar budaya, antar negara dalam satu iman sungguh memberi makna akan kesatuan dalam iman dan juga gereja.

Hari sabtu kemarin, para pejiarah berjalan kaki menuju Randwick Racecourse, tempat dimana Misa Kudus puncak peringatan WYD 2008 akan berlangsung. Sungguh merupakan arus massa yang besar, ratusan ribu orang muda berjalan kaki menyusuri kota Sydney dalam suasana yang gembira.

Sore harinya mereka mengadakann vigil bersama Bapa Suci. Dalam liturgi vigil yang indah itu, yang kaya akan banyak sharing refleksi dari berbagai kaum muda berbagai bangsa, doa-doa yang beraneka ragam, sambutan dari Bapa Suci, dan juga Adorasi sakramen Mahakudus. Lagi-lagi, kaum muda bersama-sama mengalami peristiwa dimana mereka berdoa bersama, mendengarkan kisah dan refleksi, serta bernyanyi dan tentunya memuji Tuhan. Sungguh merupakan pertemuan kaum muda yang penuh makna dan inspiratif.

Dalam sambutannya yang cukup panjang dan khas "Ratzingerian", Bapa Suci berbicara kepada kaum muda tentang Roh Kudus. Bapa Suci mengatakan bahwa untuk memahami roh kudus hendaknya kita memahaminya lewat 3 hal pokok yang merupakan ciri roh kudus: communion, abiding love dan juga giving dan gift. Ini berarti dalam roh kudus, lewat communion, kita mengusahakan persatuan dan bukan menyebar perpecahan. Dengan cinta kita diajak untuk menebar cinta yang mempersatukan, cinta yang memberi hidup bukan cinta yang egois. Dengan giving dan gift, berarti kita dipanggil untuk menjadi sumber inspirasi akan hidup yang sejati.



Sungguh, melihat antusiasme kaum muda dan begitu banyaknya kaum muda yang bersemangat berkumpul disana, apalagi sabtu malam kemarin ketika kilau ratusan ribu lilin sungguh menerangi suasanca randwick racecourse, kita boleh berharap bahwa Gereja itu sungguh hidup dan penuh vitalitas dan semangat.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: