Kamis, 17 Juli 2008

Super Thursday

Super Thursday...Begitulah pers Australia menyebut acara WYD 2008 pada hari kamis ini dimana Bapa Suci Benediktus XVI akan tampil pertama kalinya di depan publik dan kepada pejiarah dalam acara World Youth Day 2008 ini. Ratusan ribu pejiarah, jutaan penduduk Australia, dan sekitar 1 milyar penonton televisi di berbagai penjuru dunia akan berpaling ke Sydney hari ini untuk menyaksikan apa yang akan dibuat dan dikatakan Bapa Suci dalam WYD 2008.

Acara Bapa Suci sendiri akan dimulai sejak pagi hari, yaitu dengan upacara kenegaraan resmi dengan pemerintah Australia, lalu setelah itu juga akan mengunjungi Kapel Mary McKillop dan berdoa disana. Mary McKillop ada seorang biarawati Australia yang wafat di awal abad 20 dan sekarang dalam proses kanonisasi.

Setelah beberapa acara resmi, sore harinya, Bapa Suci dengan menumpang kapal akan menuju Barangaroo untuk bertemu dengan kaum muda pejiarah, dan akan berbicara kepada mereka. Perjalanan Bapa Suci dengan kapal ini akan dimulai dari Rose Bay lalu Farm Cove, melewati Opera House, sekitar Circular Quay, melewati bawah jembatan sampai dengan tiba di Barangaroo (anda bisa klik link-link tersebut untuk melihatnya di Google Maps).


Setelah acara dengan pejiarah, Bapa Suci dengan PopeMobile akan berkeliling di jalan-jalan Sydney menuju ke Katedral St. Mary dimana beliau akan mengadakan pertemuan ekumenikal disana.

Kota Sydney sendiri mengantisipasi bahwa banyak orang mulai hari ini sampai dengan akhir pekan akan tumpah ruah di sana untuk menyaksikan event ini. Untuk hari ini saja pemerintah setempat menganjurkan warga kota Sydney untuk memakai transportasi publik dan kalau bisa bekerja dari rumah. Diprediksi akan ada sebanyak 200 ribu penumpang tambahan dengan kereta api akan menuju Sydney hari-hari ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran Bapa Suci dan ribuan kaum muda katolik menarik perhatian dunia. 500 wartawan internasional dan 150 kru media sudah siap hadir disana untuk meliput kegiatan Bapa Suci mulai hari ini.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: