Minggu, 20 Januari 2008

Jendral Jesuit Baru: Pater Adolfo Nicolas, SJ

Pada hari Sabtu sore (waktu Indonesia) 19 Januari 2008, setelah 4 hari proses murmuratio, akhirnya terpilihlah Pater Adolfo Nicolas, SJ sebagai Superior Jendral Serikat Jesus yang baru. Pater Nicolas terpilih menjadi Jendral Jesuit yang ke-29 dari sejak jaman St. Ignatius Loyola, setelah diadakan ballot ke-2, dan pemilihannya disetujui oleh Bapa Suci.


Pater Nicolas, adalah Presiden dari Jesuit Conference of East Asia and Oceania (JCEAO), yang berkedudukan di Manila Philippines. Beliau lahir di Palencia Spanyol 29 April 1936, dan sebagian besar hidupnya sebagai Jesuit dihabiskannya di daratan asia khususnya di Jepang dan Philippines. Setelah studi teologi di Gregoriana University, beliau juga bekerja sebagai profesor teologi sistematik di Sophia University. Di Jepang, beliau pun pernah bertugas sebagai Provinsial, dan di Philippines selain menjadi Presiden JCEAO beliau pernah bertugas sebagai Direktur East Asia Pastoral Institute. Sebagai Presiden JCEAO beliau juga tentunya mengikuti dari dekat gerak dan dinamika Serikat Jesus di Indonesia.


Banyak orang sungguh berharap bahwa di bawah kepemimpinan beliau, Serikat dapat semakin melangkah maju dengan mantap dan penuh kebijaksanaan menghadapi tantangan jaman ini. Beliau sendiri dikenal sebagai sosok yang suci, lemah lembut, bijaksana dan pandai. Nampaknya kesan yang demikian memang tepat sekali. Saya pribadi selama studi di Manila mengalami berbagai perjumpaan dengan beliau. Tutur katanya yang lemah lembut, raut mukanya yang penuh kedamaian dan senyum, serta keakrabannya dengan banyak anggota serikat pun dengan yang masih muda merupakan sebuah kesan tersendiri bagi saya setiap kali melihat dan makan bersama dengan Pater Nicolas ketika hadir di Jesuit Residence, rumah tempat saya tinggal selama di Manila. Biasanya beliau merupakan tamu tetap open house makan malam di rumah kami setiap hari jumat. Kesederhaan beliau yang nyata terlihat adalah kebiasaannya berjalan kaki setiap pagi-siang-dan sore dari dan ke kantor beliau yang kurang lebih berjarak sekitar 1.5 km di dalam kompleks Ateneo de Manila University, walaupun umurnya sudah masuk kepala 7. Masih terlihat segar dan sehat.

Kita semua bersyukur atas terpilihnya Pater Jendral Nicolas.

Tuhan berkatilah Serikat Jesus.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

3 comments:

Anonim mengatakan...

Terdapat kesalahan kecil dalam artikel ini, pencantuman tahun, yaitu: 19 Januari 2007, seharusnya
19 January 2008. Pada paragraph teratas.

John Kirana
johnkirana@sympatico.ca

-Finding God in All Things- mengatakan...

Terima kasih atas koreksinya. Sekarang sudah dibetulkan.

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!