Selasa, 22 Januari 2008

Ad Negotia

Setelah pemilihan Pater Jendral sudah berlangsung dengan baik, proses selanjutnya yang terjadi dalam Kongregasi Jendral adalah proses yang disebut dengan "ad negotia" yang berarti kurang lebih "urusan bisnis", atau yang berkaitan dengan pembicaraan seputar topik-topik penting yang perlu dibahas untuk memantapkan gerak dan kerja Serikat Jesus di masa mendatang, khususnya dalam menanggapi gerak dinamika jaman dan juga Gereja.


Seperti sudah disebut dalam posting sebelumnya, Kongregasi ini akan membicarakan hal-hal yang pertama-tama dilatarbelakangi oleh 3 situasi:

1. Situasi Dunia
Kongregasi Jendral ke -35 mau secara khusus membahas dan melihat kembali konteks dunia dimana Serikat Yesus berkarya dan terlibat di dalamnya, dalam rangka memberikan kontribusi yang positif dan efektif untuk menolong jiwa-jiwa yang selalu menjadi misi Serikat Yesus, secara kontekstual dan berbobot. Untuk itu ada beberapa pokok yang ingin ditinjau dan dilihat secara mendalam:

* Pengaruh globalisasi dalam kaitannya dengan adanya polarisasi di dalam masyarakat
* Perdamaian dunia dalam kaitannya dengan dialog antar umat beragama dan peradaban
* Tata ekonomi yang lebih adil
* Masalah migrasi penduduk yang memiliki dampak yang sangat signifikan dalam ekonomi, sosial dan budaya.
* Masalah-masalah ekologi yang sangat mendesak untuk mendapat perhatian dan tanggapan.



2. Situasi Gereja Katolik Universal
Kongregasi Jendral ke-35 merupakan sebuah langkah penting untuk me-reposisi karya dan keterlibatan Serikat Yesus dalam konteks Gereja Katolik Universal. Ada beberapa fakta/realitas yang perlu mendapat perhatian secara khusus:

* Populasi umat katolik secara perlahan tapi pasti beralih dari daratan eropa/amerika ke benua afrika dan asia dimana terjadi perkembangan yang sangat signifikan dalam jumlah umat katolik.
* munculnya gerakan-gerakan awam yang sangat signifikan di dalam Gereja Katolik
* munculnya polarisasi dalam Gereja: Konservatif Vs Liberal
* munculnya keprihatinan berkaitan dengan skandal seksual di dalam Gereja yang tentunya memberi pengaruh besar pada pola, identitas, tantangan dan gaya hidup sebagai religius.
* Krisis identitas sebagai umat katolik dihadapkan pada gejala dan trend global dan meningkatnya fundamentalisme agama
* semakin pentingnya kerjasama dengan kaum awam di dalam Gereja

3. Situasi Serikat Yesus Global
Selain agenda pemilihan Pater Jendral yang baru, Serikat Yesus, dalam Kongregasi Jendral ke-35 mendatang akan membahas pula beberapa pokok-pokok penting di dalam struktur pemerintahan dan juga identitas ke-Jesuit-an-nya. Ada agenda pokok yang akan dibahas disini.

* Struktur pemerintahan/gubernatio dalam Serikat Yesus yang semakin efektif dan kuat dalam menghadapi tantangan kerasulan dalam situasi aktual dunia.
* Fenomena semakin meningkatnya jumlah anggota di Asia, Amerika Latin dan Afrika perlu dicermati lebih jauh sebagai sebuah perubahan yang significant dalam konstelasi personil Serikat Yesus yang tentunya bisa mempengaruhi pilihan-pilihan dan juga tantangan di masa mendatang.
* Mendesak untuk dibahas secara mendalam soal "Identitas Jesuit".
"Kalau banyak orang awam bisa mengerjakan banyak hal seperti yang Jesuit lakukan, lantas mengapa tetap menjadi Jesuit?"
* Pentingnya untuk semakin memperkenalkan Spiritualitas Ignasian kepada kaum awam dan bekerja sama dengan mereka di dalam karya-karya Serikat.
* Pentingnya kembali untuk mereposisi dan melihat kembali hidup komunitas, kaul-kaul, dan juga formasi di dalam Serikat Yesus.


Dalam kaitan itu, paling tidak ada 9 dokumen persiapan yang mencakup pokok-pokok yang akan dibicarakan di dalam proses "ad negotia" ini:

1. Tentang Misi Serikat
2. Tentang Identitas Jesuit
3. Hidup Komunitas Jesuit
4. Kerjasama dengan kaum awam
5. Kaul ketaatan
6. Kaul ketaatan kepada Bapa Suci
7. Pemerintahan Serikat Jesus
8. Ekologi
9. Promosi Panggilan

Pembicaraan ini akan menjadi sebuah titik penting dalam melihat dan mencermati pilihan-pilihan Serikat Jesus sebagai sebuah Institusi Religius dalam Gereja Katolik, dan juga tentunya menjadi sangat significant bagi gerak hidup dan kerasulan seluruh Jesuit.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: