Jumat, 07 Maret 2008

Kongregasi Jendral Sudah Selesai, Terima Kasih

(berikut ini laporan singkat Pater Riyo Mursanto, SJ tentang penutupan Kongregasi Jendral 35)


Kongregasi Jenderal ditutup semalam dengan Misa Te Deum, di Gereja Gesu. Sidang terakhir selesai siang hari, dengan ucapan terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu terlaksananya KJ 35 ini dengan sangat baik. Romo Jenderal dengan gaya humornya memberi komentar mengenai peranan dan keterlibatan para ponggawa pelaksana KJ, satu per satu disebut. Memang kita semua mengakui para pejabat KJ ini telah bekerja dengan penuh pengabdian mereka, tak mengenal waktu, dan semua itu demi lancarnya acara-acara kita bersama.

Sebelum berkat penutup, Mark Rotsaert, SJ, Sekjen KJ, memberikan sambutan singkat, mengucapkan terima kasih kepada Rm. Adolfo Nicolas, karena bersedia 'menjadi jenderal' untuk kita semua. Ini disambut tepuk tangan cukup lama, akhirnya Rm. Nicolas berdiri dan melanjutkan memberi berkat. Ucapan terima kasih kami semua kepada Rm. Nicolas memang dari lubuk hati. Kami dapat merasakan, cintanya yang besar untuk Serikat, mengilhami kami pula untuk mencintai Serikat dengan cara yang sama, membaktikan diri sepenuh-penuhnya bagi kepentingan tugas perutusan kita.

Pengalaman paling mengesan, untuk saya pribadi, dan ternyata juga disebut oleh Romo Jenderal pada sambutan ucapan terima kasihnya, adalah doa-doa bersama setiap pagi. Ada tim yang menyiapkan liturgi dan doa-doa pagi ini. Sekitar 15 menit kami berdoa bersama tiap pagi di Aula, sebelum acara dimulai. Banyak variasi kutipan menarik, banyak lagu-lagu singkat. Saat hening tersedia secukupnya. Tidak jarang saya melihat orang menyeka air mata, atau romo yang membaca terhenti karena tertahan haru. Di situlah saya merasakan dukungan doa dari begitu banyak orang di seluruh dunia untuk KJ, juga terutama dukungan saudara-saudara dari provinsi Indonesia. Kami berterima kasih atas semua dukungan ini, sehingga kami bertiga tetap sehat-sehat saja.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: