Kamis, 11 Oktober 2007

Kongregasi Jendral ke-35 Serikat Yesus - 5 Januari 2008

Pada 5 Januari 2008 mendatang, tepatnya pada Pesta Epifani, Serikat Yesus akan mengadakan Kongregasi Jendral di Roma Italia. Kongregasi Jendral adalah sebuah pertemuan besar dimana perwakilan Jesuit dari seluruh dunia akan hadir untuk membahas agenda-agenda penting yang tentu saja berkaitan dengan gerak apostolik dan sepak terjang pada Jesuit dalam realitas aktual dunia saat ini.

Dalam Kongregasi Jendral yang merupakan Kongregasi Jendral ke-35 sejak jaman St. Ignatius, ada agenda penting yang menjadi pokok sentralnya: Pemilihan Pater Jendral Serikat Yesus yang baru. Peristiwa ini bisa dibilang menjadi sangat signifikan mengingat bahwa Jendral Serikat Yesus adalah sebuah tugas "seumur hidup" bagi seorang Jesuit yang terpilih sebagai Pater Jendral. Ketentuan di luar itu tentunya hanyalah wewenang dari Bapa Suci untuk memutuskannya. Mengapa Kongregasi Jendral (KJ) 35 mendatang akan memilih Pater Jendral yang baru? Pater Jendral Peter-Hans Kolvenbach, SJ berkehendak bahwa demi pemerintahan dan juga kepemimpinan Serikat Yesus yang lebih mantap di masa mendatang seiring dengan tantangan yang semakin kompleks dan tentunya juga dengan memperhatikan faktor kesehatan beliau, Serikat Yesus akan lebih baik bila memiliki seorang Jendral yang baru. Tentunya keputusan ini haruslah dibawa kepada Bapa Suci. Paus Benediktus XVI setelah mempertimbangkannya akhirnya mengijinkan Serikat Yesus untuk memilih Pater Jendral yang baru.

Bila ini terjadi pada Januari 2008 mendatang, maka Pater Kolvenbach menjadi Jendral ke-2 yang mundur dari jabatan ketika masih hidup. Pada tahun 1983 karena faktor kesehatan Pater Jendral Pedro Arrupe tidak bisa melanjutkan tugasnya sebagai Jendral. Dalam Kongregasi Jendral ke 33 terpilihlah Pater Kolvenbach, SJ sebagai Pater Jendral yang baru.

Selain memilih Pater Jendral yang baru, KJ 35 ini juga akan membicarakan beberapa agenda penting yang sangat berkaitan dengan dinamika dan situasi global, situasi Gereja Katolik dan tentunya situasi dan dinamika Serikat Yesus sendiri. Tentunya sebagaimana Kongregasi Jendral sebelumnya, KJ 35 ini akan memberi arahan-arahan baru terhadap gerak apostolis Serikat Yesus dalam beberapa tahun mendatang dan juga beberapa pokok-pokok penting yang harus diperhatikan bagi segenap Jesuit di seluruh dunia.

Bagaimana Kongregasi Jendral dilakukan? dan hal-hal pokok apa saja yang secara khusus melatarbelakangi dan menjadi agenda penting dalam KJ 35 mendatang ini? Sangat kebetulan bahwa beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti pertemuan dengan Pater Danny Huang, SJ, Provinsial Jesuit Filipina yang merupakan salah satu Panitia Persiapan KJ 35. Banyak informasi penting yang bisa dibagikan disini dan tentunya silakan ikuti posting selanjutnya.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: