Kamis, 26 Juli 2007

Beberapa Istilah dalam Spiritualitas Ignasian

Pembedaan Roh/Discernment

Bagi Santo Ignatius Loyola, pembedaan roh merupakan bagian integral dari pejiarahan rohani setiap orang. Mereka yang hendak membangun hidup rohani hendaknya memiliki seorang pembimbing yang bersamanya mereka dapat meneliti kemana roh menggerakkan diri mereka. Pembedaan roh ini dapat dilakukan dengan merefleksikan situasi hati yang gembira, bersemangat, mendapat penghiburan atau peneguhan (situasi ini biasa disebut konsolasi) dan juga situasi hati yang sedih, berat, penuh beban, lesu (situasi ini disebut desolasi). Selain itu, pembedaan roh juga dapat dilakukan dengan merefleksikan insight dan juga inspirasi yang diperoleh selama Latihan Rohani.

Menurut Santo Ignatius, seorang beriman yang hendak bertumbuh dalam hidup rohani perlu secara jujur dan terbuka membagikan pengalaman rohaninya kepada seorang pembimbing yang bisa membantu untuk melihat pengalaman-pengalaman tersebut secara jernih dan obyektif dan tidak dikuasai atau dikendalikan melulu oleh emosi, keinginan dan perasaan sesaat belaka. Pembedaan roh ini memerlukan kejujuran, kelemahlembutan, sikap tenang dan juga refleksi rasional. Roh yang baik akan selalu membawa diri kita pada kedamaian hati, ketentraman dan juga kegembiraan hidup. Sebaliknya roh jahat biasanya selalu membuat kita untuk cenderung terburu-buru, emosional dan seringkali membuat kita tidak konsisten dengan keputusan-keputusan yang kita buat. Bagi Santo Ignatius, mereka yang ada dalam posisi sebagai pembimbing rohani harus punya kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, sabar dan bertanya dengan penuh cinta kasih serta mengajak pihak yang dibimbing untuk secara jernih melihat pengalaman rohaninya.

Ad Maiorem Dei Gloriam

Ad Maiorem Dei Gloriam, atau singkatnya AMDG adalah semboyan dari Ordo Serikat Yesus (Jesuit). Ad Maiorem Dei Gloriam adalah ungkapan berbahasa latin yang artinya “Demi Kemuliaan Tuhan Yang Lebih Besar”. Motto ini merupakan ciri mendasar dari Serikat Yesus, yang tentunya berakar dari jiwa dan semangat Latihan Rohani: mengabdi dan memuliakan Tuhan dalam segala hal.

Motto Ad Maiorem Dei Gloriam juga biasanya digunakan sebagai motto oleh banyak institusi yang dikelola atau dimiliki oleh Serikat Yesus, seperti sekolah dan universitas di berbagai penjuru dunia. Tentunya, semangat yang mendasari motto inilah yang ingin selalu diperkenalkan dan disampaikan kepada mereka yang dididik dalam institusi Jesuit.


Magis

Magis disini bukan berarti “sihir” atau “magic”. Ini adalah istilah dalam Spiritualitas Ignasian yang berarti “Lebih”. Tentunya istilah ini digali dari motto Jesuit sendiri “ad Maiorem Dei Gloriam”. Dengan kata “Magis” berarti seseorang mau berbuat lebih, tidak cepat berpuas diri, tidak “suam-suam” kuku, seenaknya, bersantai ria, tetapi secara optimal mau mencari dan mewujudkan kehendak Allah dalam hidupnya dan tugas panggilannya bagi orang-orang di sekitarnya.

Semangat magis ini juga berakar pada jiwa dan semangat Latihan Rohani: Apa yang telah saya perbuat untuk Tuhan? Apa yang sedang saya perbuat untuk Tuhan? Dan apa yang akan saya perbuat untuk Tuhan?

Cura Personalis

Cura Personalis dalam tradisi spiritualitas Ignasian mendapat akarnya pada catatan-catatan pendahuluan dalam Latihan Rohani Santo Ignatius Loyola. Cura Personalis merupakan sebuah semangat untuk membantu orang lain secara tulus dan terbuka dalam membangun hubungannya dengan Allah dan sesama. Cura personalis harus selalu dipandang dalam konteks antara tuntutan panggilan hidup, semangat magis dan juga hidup rohani. Seseorang yang berada dalam posisi membantu orang lain dan juga mereka yang dibimbing perlu menciptakan suasana saling percaya satu sama lain. Oleh sebab itu, sikap terbuka, jujur, tidak menghakimi, tidak mengatur tetapi lebih cenderung mau mendengarkan dan bertanya sebagai sahabat merupakan sikap yang penting dalam cura personalis. Singkatnya, cura personalis adalah semangat dan tindakan yang lebih membantu orang lain untuk bertemu dengan Tuhan sendiri secara otentik.


Bookmark Artikel Ini:
Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Google Share on Facebook! Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 comments: